Cara Perbaiki Error American Megatrend Setelah Memencet Tombol On Pada Komputer Laptop

Ketika kita disibukkan dengan waktu kerja yang sedang menumpuk lalu tiba-tiba komputer atau laptop yang biasanya bisa dipakai kita pakai tanpa kendala apapun muncul pesan American Megatrend dangan logo AMI BIOS, tentu ini akan sangat mengganggu karena biasanya laptop yang biasa dipakai tidak memiliki kendala apapun, semua pekerjaan biasanya dapat diselesaikan dengan lancar di laptop maupun komputer tersebut malahan error bikin tambah pusing kan. Hal ini akan menimbulkan rasa panik dan frustasi jika pengguna tidak tau cara memperbaiki error American Megatrend ini, namun saya akan memberi solusi pada artikel ini.

Pertama-tama kita cari tau dulu mengenai seluk beluk error ini untuk memahami penyebab munculnya error American Megatrend, nama American Megatrend sendiri merupakan sebuah merek dari chip BIOS (Basic input Output System) jadi bisa saja yang keluar nama lain, BIOS merupakan program awal yang pertama kali berjalan ketika anda memencet tombol Power ON di komputer maupun laptop. BIOS lah yang memerintahkan atau memberitahu Prosesor, drive mana yang menyimpan system operasi supaya selanjutnya komputer menjalankan Sistem operasinya, beberapa BIOS harus di setting manual untuk memilih drive yang berisi Sistem Operasi tetapi untuk BIOS versi terbaru dapat mendeteksi secara otomatis.

Untuk menyimpan konfigurasi pada BIOS dibutuhkan baterai untuk mempertahankan data pada memory BIOS. BIOS tidak menggunakan memory Nand Flash seperti SD Card yang tidak membutuhkan listrik untuk mempertahankan data nya, yang di pakai oleh BIOS mirip memory jenis DRAM yang membutuhkan aliran listrik supaya data tidak hilang. Jika anda perhatikan baik-baik error pada American Megatren biasanya ada tanggal dimana tanggal tersebut ter-reset ke tanggal BIOS ataupun komputer tersebut diproduksi, berarti benar bahwa baterai pada BIOS telah habis, lalu bagaimana memperbaikinya?? berikut solusinya.


Update Tanggal Dan Konfigurasi BIOS

Anda bisa melakukan konfigurasi pada BIOS tanpa perlu mengganti baterai namun tiap kali anda menghidupkan komputer atau laptop anda diwajibkan untuk menyeting ulang tanggal BIOS tiap komputer atau laptop dihidupkan. Ini mungkin akan menjadi solusi sementara jika perangkat desktop anda sedang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ganti Baterai BIOS Yang Habis Dengan Yang Baru

Baterai BIOS biasa disebut sebagai BAterai CMOS. Karena baterai BIOS ini berada di dalam perangkat, ini membuat pekerjaan mengganti baterai BIOS terkadang menjadi sesatu yang menantang bagi pengguna yang tidak familiar dengan perangkat komputer, karena ini artinya anda harus membongkar komputer maupun laptop. yang menyebabkan timbul perasaan takut jika komputer atau laptop yang dibongkar malah rusak dan malah tidak bisa dipakai sama sekali.

Supaya tidak merusak, tutorial praktik mengganti baterai CMOS BIOS tonton melalui video saja. Baterai BIOS harganya murah sekitar Rp 2000 hingga Rp 5000 tergantung tokonya pelit atau tidak, dan menggantinya pun aslinya mudah, anda hanya perlu membongkar casing dengan hati-hati, lalu pastinkan untuk mengingat lokasi baut karena biasanya ukuran bautnya beda-beda terutama kasing laptop. ketika membuka kasing juga pelan-pelan biasanya terdapat kabel yang menempel. Setelah terbuka semuanya ambil Baterai lama lalu ganti yang baru.

Baterai BIOS Komputer dan Laptop Biasanya Berbeda

Perlu diketahui bahwa bentuk baterai CMOS BIOS pada laptop dan komputer itu berbeda, pada laptop biasnaya baternya terdapat kabel seperti gambar diatas dan untuk menghubungkan ke BIOS biasanya melalu 2 pin kabel yang berbentuk kecil, sedangkan untuk komputer biasanya berbentuk polosan.

Posting Komentar