Trik Cara Meningkatkan Sekor Kecepatan Loading Blog Dan Website

Beberapa orang menyebut salah satu tehnik optimasi SEO adalah meningkatkan kecepatan blog, dimana ketika sesorang berselancar di internet dan membuka situs atau blog yang anda kelola tanpa ada keluhan apapun ketika membuka blog pertama kalinya atau menjelajah dan membuka halaman lain di blog tersebut tentu ini akan meninggalkan kesan positif pada blog yang anda kelola bagi pengunjung tersebut.

Selain itu juga manfaat blog atau situs yang cepat untuk dimuat adalah ketika seorang pengunjung mengunjungi blog anda melalui jaringan yang masih menggunakan teknologi lama seperti 3G, dimana kita tau saat ini dunia sudah beralih ke teknologi jaringan 5G. Dan di jaringan lamabat pun ketika situs anda memiliki respon pramuat lebih cepat dibanding situs lain tentu akan memiliki kesan positif, karena menurut Google 53 persen pengguna internet Indonesia akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Lalu dari sisi pengembang melihat blog yang sedang kita kelola memiliki kecepatan muat yang cepat seakan-akan ada sensasi dan perasaan kepuasan tersendiri, kita merasa telah memaksimalkan kode HTML, CSS dan Javascript dengan sebaik mungkin untuk menjadi developer website yang profesional. Namun untuk mencapai titk dimana anda bisa memaksimalkan kode HTML, CSS dan Javascript yang ada tidaklah mudah. Dan kali ini saya akan memberikan poin-poin utama supaya kecepatan blog anda meningkat secara drastis.

Minify HTML

Minify HTML merupakan tehnik unutk menghilangkan kode/karakter html yang tidak di butuhkan, contoh kode/karakter binnary yang dimaksud adalah karakter seperti spasi, alenia baru dan kode karakter lain. Kekurangan tehnik Minify adalah tampilan kode HTML akan menjadi satu baris saja, hal ini akan menyebabkan pengembang sulit untuk menemukan kode HTML yang error.

Untuk melakukannya anda bisa menggunakan Tool yang bisa anda cari di pencarian Google dengan kata kunci "Minify HTML Tool". Yang perlu di perhatikan disini adalah jangan anda meminify kode template blogspot jika menggunakan platform blogger. Karena tidak semua kode di template blogspot adalah kode HTML sebagian ada kode tag kusus blogspot.

Minify CSS

Ini seperti minify HTML yaitu menghapus karakter seperti spasi, tab, dan enter yang tidak diperlukan lagi setelah proses coding. Minify CSS ini akan membuat kode CSS menjadi hanya 1 baris saja. Untuk melakukannya anda bisa menggunakan tool di internet, cari saja kata kunci "minify css" maka akan muncul situs yang menyediakan fungsi minify css ini.

JavaScript Minifier

Ini juga mirip dengan Minify Css dan minify HTML hanya saja ini diperuntukan untuk kode JavaScript, anda bisa menggunakan tool Js Minifier, jika kesulitan menemukan situs dengan funsi tersebut bisa kunjungi link berikut https://codebeautify.org/minify-js

Lazy Load

Lazy Load ini merupakan trik untuk browser supaya browser mendahulukan kerangka kode HTML, CSS, Javascript ketika memuat halaman dan file gambar, file css (bukan kode css yang ditulis langsung bersama kode HTML), file javascript (bukan kode yang ditulis langsung bersama kode html) akan dimuat paling akhir. Biasanya ini memanfaatkan kode javascript untuk mengenali elemen tertentu yang ingin dimuat paling akhir oleh browser.

Gunakan Format Gambar Webp

WebP adalah format file yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2010. Gambar yang dihasilkan akan di-compress dengan algoritma tertentu, dengan kualitas gambar tetap bagus. Nantinya pengelola website dan developer bisa membuat dan menambahkan file gambar ke website dengan ukuran kilobytenya yang lebih kecil untuk menjamin kecepatan situs.

Untuk menggunakan format gambar webp anda perlu aplikasi Webpconv yang bisa di unduh pada link berikut https://webpconv.apponic.com/. apliksi tersebut dapat mengubah format png, jpg, gif, jpeg menjadi format webp.

Nah itulah poin-poin cara mempercepat kecepatan blog, ini cukup mudah untuk dilakukan pengguan baru yang baru mengenal kode HTML dan langkah awal untuk menyelam lebih dalam dalam mendevelop website.

Posting Komentar