Persamaan Dan Perbedaan Lightroom dan Darkroom Pada iPad iPhone Payment One Time Purchase Vs Subscribe

Lightroom merupakan aplikasi editing foto dari Adobe yang handal untuk iOS, iPad maupun Mac OS namun untuk mendapatkan fitur-fiturnya anda diharuskan untuk berlangganan dan ini tidaklah murah, sehingga anda mencari alternatif aplikasi edit dan grading foto selain Lighroom salah satunya Darkroom dimana anda cukup sekali bayar untuk memiliki aplikasi ini, alih-alih berlangganan tiap bulan. Terlihat unik jika kita memperhatikan namanya antara Light dan Dark atau Cahaya dan Gelap, nama aplikasi yang jika diartikan memiliki makna yang saling berlawanan ini membuat saya tertarik untuk membahas kelebihan masing-masing.

Bila dibandingkan dengan Darkroom, Lightroom lebih terkenal akan fitur-fiturnya dan memang sudah lama digunakan sebagai aplikasi editor foto di ekosistem Apple yang membuat penggua familiar dengan user experiencenya, namun karena mahalnya biaya berlanggana membuat banyak pengguna mencari opsi dan kebanyakan akan menyarankan untuk memilih Darkroom. Perbedaan harga yang sangat jauh sekali ini membuat saya ingin mengulik apaka Darkroom bisa menggantikan Lightroom? adakah fitur yang membuat Lightroom layak dihargai dengan harga yang cukup mahal?.

Kelebihan Darkroom Di Banding Lightroom

Murah

Kesan pertama untuk aplikasi Darkroom tentu adalah harganya yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan Lightroom. Dukungan chip Bionic membuat pemrosesan gambar sangan cepat bahkan untuk gambar 4K, seperti tidak ada delay ketika melakukan grading warna.

Simpel

Ketika awal dibuka anda seperti membuka aplikasi galery yang tampak seperti bukan aplikasi editor foto. Namun setelah memilih foto barulah menu-menu editor foto muncul.

Kekurangan Darkroom Di Banding Lighroom

Tidak Ada Penyesuaian Gradien Linier

Fitur ini akan berguna ketika anda hanya akan mengotak atik area tertentu pada gambar tan mengubah warna pada bagian lain. Namun Darkroom tidak memilikinya, Darkroom akan mengubah warna secara global.

Noise Removal

Fitur ini akan berguna pada gambar misalnya langit, jika ada bintik-bintik di langit maka anda tidak akan menemukan sebuat opsi "Heal Brush" seperti di Photoshop dan Lightroom. 

Untuk Format File Mentah Hanya Mendukung Apple Pro RAW

Aplikasi ini juga dapat mengedit foto RAW namun hanya untuk Apple ProRaw, Misal jika anda mengimport foto dari kamera DSLR FUJI dengan format RAW terkompress, maka aplikasi ini tidak dapat membuka format file tersebut.

Kebanyakan penggua professional akan memilih keduannya atau membli Darkroom sekaligus berlangganan Lightroom. Selain itu menurut beberapa artikel menyebutkan bahwa 90% orang ketika mengedit foto di iPhone tidak terlalu membutuhkan fitur premium yang ada di Lightroom, namun itu sih terserah anda.

Posting Komentar