Kendala Yang Di Hadapi Ketika Mencoba Menggantikan Laptop Dengan iPad

Desainnya yang premium performa CPU nya yang sangat mengagumkan antara konsumsi daya dan performa komputasinya membuat iPad menjadi tablet terbaik tanpa pesaing serius. Selain itu aksesoris Magic Keyboard dan Chipset M1 pada seri iPad Pro terbaru menjadikannya seperti layaknya dekstop minimalis yang simpel dan premium. dan dibekali UI yang begitu smooth karena adanya Operating System iPad OS. Sehingga akan timbul keinginan dan pertanyaan apakah bisa iPad menggantikan laptop desktop windows?

Nah pada artikel saya kali ini saya akan membahas hal tersebut dan apa saja kendala yang mungkin dihadapi oleh pengguna jika anda menggunakan iPad untuk menggantikan laptop windows. Ada banyak keunggulan ayng ditawarkan iPad dalam beberapa hal yang membuat munkin anda dan saya pribadi ingin menggantikan laptop windows dengan iPad, salah-satunya daya tahan baterai, hawa panas CPU dan suara kipas pendingin laptop yang bising. 3 hal ini lah yang saya harapkan menghilang pada laptop dan itu ada pada iPad.

Namun kenyataanya iPad bukanlah laptop windows, dia berjalan dengan iPad OS bukannya windows ataupun Mac OS, tidak ada tugas software yang selevel dengan kelas desktop, ada banyak batasan pada iPad karena ia dibuat untuk mobility yang mungkin lebih ditunjukkan untuk menggambar dan edit foto video dari pada menyelesaikan tugas-tugas desktop, iPad dengan chipset dengan kemampuan komputasi monster M1 pun terasa mubazir. Namun anda tetap memaksa iPad menjadi daily driver anda tenang saja karena iPad bisa menggantikan laptop anda dengan iPad selama masih dalam batasan kemampuan iPad, berikut solusi dan kendala yang mungkin akan anda hadapi ketika memaksa iPad untuk menggantikan laptop.

Tidak Bisa Inspect Element Pada Browser Terkenal

Anda tidak bisa melakukan inspect elemen pada  browser safari, chrome, firefox, edge dan lainnya. Jika anda adalah web developer dan ingin menggantikan ipad sebagai laptop maka ini sama saja anda menylitkan anda sendiri, fitur inspect element pada browser dibutuhkan untuk melihat error pada kode html, javascript dan css yang sangat penti bagi programmer. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah menggunakan aplikasi namanya "Inspect" yang anda bisa download di AppStore.

Miskin Fitur Di Aplikasi Microsoft Office

Menu tab pada iPad tidak selengkap dan seleluasa menggunakan Microsoft Office di windows. Contoh yang paling dasar yaitu untuk mengatur size paper, fitur ini tidak tersedia di Microsoft Office versi iPad (munkin akan tersedia kedepannya tapi entahlah). Lalu untuk tidak menghilangkan border table pada Ms Words. Kendala lain tidak bisa Nubering Page, jika dipaksa maka pagian Cover akan ikut kena dan menjadi masalah ketika membuat makalah, dan masih banyak masalah lainnya di aplkasi Ms Office.

Solusinya Gunakan RD Client

Jika anda mendapatkan fitur-fitur utama desktop windows anda masih bisa menggunakan aplikasi resmi dari microsoft yaitu RD Client atau disebut Remote Desktop Client. Aplikasi ini akan membuat iPad menjadi media input dan output oleh laptop atau desktop anda, input artinya semua input keyboard (mic belum tersedia di versi iPad) dilakukan melalui iPad dan Output artinya tampilan UI windows dan suara bisa muncul dari layar dan dan speaker iPad, namun ada persyaratan untuk menggunakan RD Client. Beriku syaratnya:

  • Minimal Windows Versi Pro / Professional
  • Laptop / desktop dan iPad harus sama-sama terhubung di jaringan lokal.
  • Lakukan konfigurasi Remote Desktop pada pengaturan Windows anda memerlukan konfigurasi info username, password dan IP Address pada laptop / komputer desktop. Saya tika akan membuat tutorialnya di sini munkin akan saya buat di lain waktu di artikel yang berbeda.

iPad Lebih Enak Di Pakai Editing Foto, Video dan 3D Modeling

Setelah saya tanya-tanya di beberapa forum, ipad lebih powerfull ketika digunakan untuk mengatasi pekerjaan yang berhubungan dengan editing Foto, Video dan 3D Modeling. Penggunaan touchscreen dan layar retinya sangat mempengaruhi user experience apalagi jika didampingi dengan Apple Pencil hasilnya akan lebih sempurna!.

Jangan terlalu expect berlebih bahwa iPad bisa menggantikan laptop, karena nanti bakal kecewa. Sejauh pengalamansaya memakai iPad untuk belajar (buat catatan), presentasi, dan entertainment benar-bena bikin puas. Kalau soal magic keyboard nya sangat enak dipakai, baterai sangat oke, Akan tapi masalah kekurangan fitur pada Microsoft Office akan menjadi kendala yang mempengaruhi sebagian banya orang karena ini aplikasi kerja hampir semua diapakai orang kerja seperti karyawan, mahasiswa. yang pasti semakin dasar kebutuhan tersebut malah semakin sulit terpenuhi.

Posting Komentar