Review Drone DJI Mavic 2 Pro Jika Lost Signal Apakah Akan Kembali?

 


Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai review drone DJI Mavic 2 Pro, seperti apa kemampuannya dalam merekam? apakah jika sinyal antara remote controller dan drone putus akan membuat drone hilang terbang ke antah berantah atau balik lagi ke pengguna? bagaimana jika baterai ketika akan habis dan drone masih terbang jauh, akankah jauth ketika habis? nah untuk menjawab pertanyaan itu semua saya akan mereview drone ini disini.

Munkin anda mulai tertarik dengan drone dan melihat Mavic 2 Pro ini, dan memutuskan untuk melihat review orang lain. Nah berhubung saya juga memiliki drone DJI Mavic 2 Pro jadi bisa sharing-sharing dikit lah soal pengalaman saya selama menggunaakn DJI Mavic 2 Pro, kenapa harganya bisa mahal dan fitur apa saja yang ia tawarkan. Apakah pengguna baru yang belum pernah memakai drone sama sekali layak untuk memiliki drone ini?.

Bentuk Yang Bisa Dilipat

Bentuk lengan-lengan baling-baling pada drone DJI Mavic 2 ini bisa dilipat ketika posisi disimpan, dan lengan baling-baling dibuka kembali ketika akan diterbangkan. Ini akan membuat drone lebih mudah dibawa kemana-mana kerena ketika dilipat ia memiliki bentuk yang lebih ringkas. Selain itu ada juga wadah pelindung untuk gimbal kamera fungsinya untuk melindungi kamera ketika drone ditarus di tas, propeller atau baling-baling pada drone ini juga dapat dilepas sehingga lebih mudah ketika mengganti baling-baling yang rusak.

Rekam Video 4K 10 bit D-Log M

Soal kemampuan kameranya, drone ini mampu merekam video dengan kualitas 4k 30fps 10bit D-log m HDR yang membuat drone ini sudah layak untuk dijadikan mesin penghasil video kualitas theater, Dengan color profile 10 bit D-log m membuat hasil video mudah untuk di grading warna nya. Namun perlu diketahui umumnya drone saat ini dengan kelas yang sama sudah mampu merekam video 4K hingga 120fps, contohnya Mavic Air 2s yang sama-sama memiliki sensor 1 inch.

Jangkauan Kendali Hingga 7Km

Drone ini mampu terbang jauh hingga jangkauan 7km jika tidak ada halangan antara drone dan remote seperti bangunan, pohon-pohon, dll. Hal ini berlaku jika drone terbang dengan standar sinyal FCC, namun karena indonesia menggunakan regulasi sinyal CE maka drone hanya mampu terbang 4km. 

Lalu dengan jarak hingga 7km apakah drone ini bisa kembali jika baterai habis? drone ini dibekali fitur return to home jadi secara otomatis akan mengkalkulasi sisa baterai dan kemungkinan jarak yang mampu ditempu dengan persentase dan kesehatan baterai yang ada.

Fitur AI

Drone ini memiliki AI, AL pada drone ini digunakan untuk melakukan tugas seperti misi pengambilan gambar terjadwal pada titik titik tertentu tanpa perlu operasi pilot, karena mengikuti posisi GPS maka bisa dikatakan posisi drone ketika mengambil foto akan sama tiap pengambilan di misi yang sama. Oh ya fitur hanya aktif ketika mode normal (bukannay speed) dan di oengaturan sudah di aktifkan.

Fitur AI juga diperlukan ketika mode Return to Home aktif, untuk menempuh jalur yang aman ketika drone akan kembali ke posisi awal drone take off drone harus mampu membaca situasi sekitar dan jalur berikutnya sekiranya drone akan aman melewatinya dan drone bisa kembali ke posisi terakhir dia take off dengan aman.

Beberapa Fitur Keamana

Ketika baterai drone akan habis makan sebelum itu terjadi drone akan mengaktifkan fitur Return to Home atau memilih untuk mendarat darurat. ketika Return to Home aktif biasanya sisa baterai masih lumayan banyak namun jika mendarat darurat biasanya baterai dalam keadaan hampir habis, semua tergantung jarak drone dengan pilot dan sisa baterai yang ada.

Lalu ketika sinyal antara remote dan drone putus makah fitur Return to Home akan aktif, ia secara otomatis akan kembali ke posisi awal take off dan ketika sudah dekat dengan remot maka otomatis sinyal kembali terhubung.

Jika melihat harganya yang cukup mahal sepertinya drone ini tidaklah cocok untuk pengguna baru karena walaupun ini drone canggih tetap saja ada limitasi kemampuan, den ketika pilot yang masih pengguna baru tidak memahami kemampuan drone dan mellakukan prosedur diluar Term of Use dari DJI drone ini bisa saja crash.

Posting Komentar