Kelebihan Dan Kekurangan DJI Motion Controller FPV Drone

 


Beberapa waktu yang lalu DJI melaunchin drone bertipe FPV dan ini merupakan drone yang dinantinanti opeh para pecinta drone DJI dan FPV karena ini adalah seri pertama dalam kategory FPV termasuk saya dan menjadi salah satu drone yang paling sering aku pakai ketimbang seri Mavic. Pada seri FPV Combo, dji juga memperkenalkan sebuah controller baru yang ia sebut motion controller, Sayangnya controller ini dijual terpisah dengan pake drone sehingga jika ingin memilikinya anda perlu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk menikmati drone FPV dengan motion controlle. Nah seperti apa bentuknya? kita review bentar sebelum membandingkannya dengan controller bawaan DJF FPV Combo ya.

Bentuk Yang Lebih Kecil

Bentuk DJI Motion Controller tidak sama dengan remote controller DJI pada umumnya yang memiliki 2 buah analog untuk mengontrol drone saat terbang, bentuk motion controlle lebih mirip tongkat cara menggunakannya pun mirip menerbangkan pesawat jet, selain itu terdapat tombol-tombol lainnya sepeti tombol break untuk mengerem, berikut daftar tombol-tombol lainnya yang ada di remote DJI Motion Controller.

Kontrol Dengan Satu Tangan

Karena ia datang tanpa analog sama sekali dan bentuknya seperti tongkat kendali jet membuat cara menggunakan DJI Motion Controller hanya dengan 1 tangan. Sebagai gantinya ia menggunakan motion sensor sebagai metode kendalinnya. Untunk belok anda cukup memiringkan stik untuk keatas anda cukup mengarahkan stik motion menoleh ke atas.

Walaupun dikendalikan hanya dengan satu tangan, pihak DJI sudah menyematkan tombol rem ini akan berguna sekali ketika anda mengaktifkan mode speed, untuk menghindari tabrakan.

Tidak Bisa Terbang Mundur atau Lurus Keatas

Sayang sekali salah satu kekurangan yang dimiliki oleh DJI Motion Controller adalah tidak bisa terbang mundur dan terbang luru vertikal atau langsung ke atas. Ketika pertama kali menerbangkan drone anda harus terbang seperti menerbangkan pesawat terbang biasa yang menggunakan sayap bukannya layaknya drone yang bisa lurus ke atas.

Tidak Bisa Acro Mode

Ini sudah pasti kekurangan mutlak menggunakan controller ini karena ia datang tanpa kedua tombol analag yang biasa dipakai untuk mengontrol drone dalam mode acro maka drone DJI FPV Combo tidak dapat dimainkan dalam mode acro menggunakan Motion Controller. Walaupun begitu ia tetap menyenangkan, bahkan karena memiliki ukuran yang cukup kecil saya lebih banyak memakai kontroller ini untuk mengambil gambar, tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

Mau Motion COntroller atau tidak ia memiliki keunggulan masing-masing, Motion Controller datang dengan kepraktisan dan kompak sehingga mudah dibawa kemana-mana sedangkan Controller biasa menawarkan fitur komplit termasuk terbang dalam mode acro.

Posting Komentar