Budjet 20jt Mending Beli DJI Mavic Air 2s Combo Apa Mavic 2 Pro Atau DJI FPV Combo Ya



Halo teman-teman semua kali ini saya akan memberika informasi seputar drone DJI lagi nih, bagi kalian yang belum pernah memiliki drone sama sekali dan berniat membeli drone dari DJI dengan budget 15 - 20jt an tentunya di pasaran anda akan menemukan 3 jenis drone dari DJI yaitu DJI Mavic 2 Pro, Mavic Air 2s dan DJI FPV Combo.

Saya disini posisi saya sudah memiliki 2 drone dari ke 3 drone di atas yaitu Mavic 2 Pro dan DJI FPV, pengen nambah lagi yang Mavic Air 2s tapi saya masih sayang duitnya, posisi juga udah punya drone kan hhe itu pun jarang dimaenin. Tapi walaupun bermodalkan hanya memiliki 2 drone di atas saya mencoba mengulik keunggulan dari drone masing-masing yah semoga saja bisa membantu anda yang ingin memiliki aslah-satu drone dari DJI ini.

DJI FPV Berbeda Dengan Seri Mavic

Yup drone seri FPV atau memiliki kepanjangan yaitu First Person View atau Sudut Padang Pertama maksud dari FPV ini adalah sudut pandang kamera pada drone merupakan sudut pandang langsung dari drone, misalnya ketika posisi badna drone miring maka pandangan drone yang di transmisikan ke goggles/pilot juga miring begitupun ketika posisi body drone kebawah atau keatas maka pandangan drone juga kebawah ataupun keatas.

Selain itu pada umumnya drone FPV memilik kontrol yang agak sedikit berbeda dan juga dia datang dengan perangkat yang namanya goggles / kacamata khusus untuk memperlihatkan sudut pandang drone. Agak sedikit berbeda dengan drone FPV lainnya, pada drone DJI FPV dari pihak DJI masih memberikan nuansa drone seri Mavic, anda masih bisa mengontrol dan mengoperasikan drone layaknya seri Mavic dimana begguna baru sekalipun masih bisa mengoperasikan drone DJI FPV sedangkan drone FPV murni biasanya dioperasikan oleh pilot drone yang sudah berpengalaman.

DJI FPV Merupakan Drone Sport Sedangkan Mavic Adalah Drone Sinematik

Jika dilihat dari pengkategorian drone maka drone DJI FPV merupakan drone untuk keperluan olahraga drone, ia didisain untuk mampu melakukan manuver di udara seperti roll dimana dia salto di udara flip dan spin. Namun manuver-manuver tersebut bisanya hanya bisa dilakukan dengan sempurna oleh pilot drone FPV yang sudah cuku berpengalaman. Oleh karena itu drone ini hanya memiliki 2 axis gimbal sedangkan seri Mavic memiliki 3 axis gimbal, membuat kamera pada DJI FPV mengikuiti gerakan pada drone supaya pilot dapat merasakan sudut pandang pada drone.

Sedangkan seri Mavic lebih di peruntukan untuk tujuan Sinematik, artinya drone ini akan menghasilkan video yang lebih tenang, anteng, hasil foto yang lebih rapi. Selain itu dukungan format RAW dalam bentuk video mauun Foto, sehingga grading warna lebih bisa di optimalkan. Seri mavic juga memiliki fitur-fitur yang memanfaatkan AI seperti tracking pilot sehingga drone bisa mengikuti si pilot dan ada juga tehnik tracking lainnya.

Gimbal kamera pada drone Mavic memiliki 3 axis, ini akan membuat sudut pandang pada drone akan anteng sehingga memberika fokus yang lebih sempurna pada objek gambar yang sedang di bidik, sedangkan drone FPV akan membuat pilot lebih fokus pada gerakan drone.

Untuk Siapa Drone FPV dan Untuk Siapa Drone Sinematik?

Jika anda mencari video di youtube dengan kata kunci "FPV Drone" maka anda akan dihadirkan video-video freestyle drone lalu ada juga kompetisi balap drone yang memakai drone jenis ini, karena drone ini untuk tujuan yang munkin lebih ke arah sport maka drone ini cenderung untuk crash, maka dari itu drone DJI FPV ini memiliki bentuk body yang lebih solid dari seri Mavic, namun seumpa anda membeli drone FPV ini jangan coba-coba menggunakan mode sport atau manual karna sekali crash ia tetap bisa hancur, untungnya ada mode normal yang membuat drone ini bisa di kontrol seperti layaknya seri Mavic sehingga cocok bagi anda yang ingin terjun ke dunia drone FPV.

Lalu jika anda menyukai hasil video yang cenderung anteng, tenang konfigurasi sensor kamera yang lebih kaya seperti apertur, pencahayaan, sutter speed, sensor kamera yang lebih besar format video yang lebih banyak, misi pengambilan gambar otomatis menggunakan AI, pilihan tehnik videografi yang banyak seperti hyperlaps, tracking, dll. Lalu ada juga tehnik Fotografi yang memiliki opsi yang lebih banyak seperti kemampuan mengambil gambar format 360 derajat, dll maka seri DJI Mavic akan lebih membuat anda senang.

Jika Saya Golongan Drone Sinematik Mending Memilih Seri Mavic 2 Pro Atau Mavic 2s?

Kedua drone ini memimiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, untuk itu saya akan membuat daftar supaya lebih mudah anda pilih. Poin mana yang menurut anda tidak layak atau wajib untuk dimilik pada drone jenis sinematik :

Keunggulan Mavic 2 Pro

  • Ada mode kotrol arpetur ( kedua drone memiliki mode manual kecuali pada Mavic Air 2s yang tidak memiliki kontrol penuh pada aperture-nya).
  • Sensor 1 inc dengan 20 Megapixel ( lebih sedikit pixel pada sensor berukuran 1 inch maka akan lebih banyak cahaya yang bisa di tangkap).
Keunggulan Mavic Air 2s
  • Occusync 3.0 membuat ia bisa di kontrol dengan jarak yang lebih jauh dari Mavic 2 Pro (Mavic 2 Pro menggunakan Occusync 2.0)
  • 4K Video Hingga 60fps (Mavic 2 Pro hanya bisa 24fps).
  • Waktu terbang lebih lama
  • Ukuran drone yang lebih kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana (tapi ukuran remote nya lebih besar dari remot Mavic 2 Pro)

Apakah DJI FPV Bisa Di Operasikan Seorang Baru Terjun Ke Dunia Drone?

Jika anda berminat untuk terjun ke dunia drone fpv yang umunya butuh pelatihan khusus supaya si pilot bisa menerbangkan drone fpv, Anda yang pemula sekalipun bisa menggunakan DJI FPV ini karena adanya mode normal. Mode normal pada drone DJI FPV akan membuat drone lebih mudah di operasikan, dia mampu mendeteksi benda di depannya berkat adanya 2 buah sensor untuk menghindari tabrakkan yang tak diinginkan, selain itu dia juga memiliki sensor di bagian bawahnya yang salah satu tujuannya untuk membantu pendaratan.

Posting Komentar