Postingan

Jenis-Jenis Kebotakan Rambut Kepala


Apakah menyisir rambut adalah mimpi buruk bagi Anda?
Apakah ketika anda melihat rambut anda di sisir merupakan sesuatu yang menakutkan bagi Anda?

Rata-rata kulit kepala tertanam sekitar 100.000 sampai 150.000 folikel rambut. Siklus hidup rambut normal berlangsung selama 2 sampai 3 tahun. Pada setiap titik waktu tertentu, sekitar 90% dari rambut di kulit kepala Anda tumbuh dan sekitar 10% dari rambut berada dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang beristirahat akan terpisah oleh kulit dan rambut baru mulai tumbuh di tempat yang sama.

Jadi ini merupakan hal normal ketika kulit kepala mulai kehilangan beberapa rambut setiap hari. Normalnya kulit kepala kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap hari. Tapi, beberapa orang mungkin mengalami lebih dari kerontokan rambut normal. Hilangnya sebagian atau seluruh rambut disebut alopecia. Dan berikut beberapa jenis-jenis Alopecia.

Alopecia Involusional
Ditandai dengan laju pertumbuhan rambut yang melambat seperti usia Anda, menyebabkan hilangnya ketebalan serta volume pada rambut. Dalam jenis kerontokan rambut yang disebut involusional alopecia, folikel rambut secara bertahap masuk ke telogen (fase istirahat). Rambut yang tersisa menjadi lebih pendek dan lebih sedikit jumlahnya, kadang-kadang bahkan rapuh

Telogen Effluvium
Anda mungkin mengalami kerontokan rambut selama seminggu setelah melalui masa stres seperti paska melahirkan, demam, sakit berat, stres atau penurunan berat badan mendadak, yang menurunkan secara bertahap dalam beberapa bulan. Jenis rambut rontok ini disebut telogen effluvium. Hal ini terjadi karena perubahan dalam siklus pertumbuhan rambut, ketika sejumlah besar rambut masuk ke fase istirahat (telogen) pada waktu yang sama.

Male and Female Pattern Badless
Jika Anda adalah seorang laki-laki dengan garis rambut yang menyusut dan hilangnya rambut secara bertahap dari kepala, Anda mungkin menderita alopecia androgenic (juga disebut pola kebotakan laki-laki). Dalam kondisi ini, Anda mungkin mengalami kerontokan rambut sejak remaja atau awal 20-an. Pria dengan androgenic alopecia mungkin memperhatikan rambut rontok di bagian atas kulit kepala dan rambut yang menipis terutama di sepanjang kuil-kuil.

Jenis kebotakan ini memiliki pola khas, yang dimulai pada garis rambut yang kemudian secara bertahap bergerak mundur dan membentuk bentuk 'M' pada jidat anda. Akhirnya rambut menjadi lebih halus, lebih pendek dan lebih tipis, lalu lama kelamaan menciptakan pola berbentuk U rambut di sekitar sisi kepala. Miniaturisasi rambut (penurunan progresif diameter batang rambut dan panjang dalam menanggapi hormon) adalah karakteristik dari androgenic alopecia. Folikel rambut yang memproduksi rambut sehat mulai menghasilkan rambut yang tipis, lebih pendek, lebih rapuh dengan poros yang lemah. Ini adalah kondisi genetik yang cenderung dapat terjadi baik pria maupun wanita.

Jika Anda seorang wanita dengan penipisan umum rambut di seluruh kulit kepala, dengan ciri-ciri rambut rontok yang luas di mahkota dengan hilangnya garis rambut di bagian depan, Anda mungkin menderita kebotakan pola wanita. Area rambut Anda yang rontok mungkin menjadi lebih luas seiringnya waktu. Seperti rambut menipis, kulit kepala menjadi semakin lebih terlihat. Kerontokan rambut berkembang menjadi total atau dekat kebotakan total. Anda mungkin melihat penipisan rambut pada usia 20-an Anda, tetapi Anda tidak mungkin untuk mengalami penipisan jika sudah 40-an.

Alopecia Areata
Jika Anda memiliki anak 1-2 tahun dengan rambut benar-benar halus atau memilik kerontokan rambut berbentuk lingkaran terutama pada kulit kepala, anak Anda mungkin menderita alopecia areata atau rambut rontok tambal sulam.

Kerontokan rambut ini juga dapat terjadi di alis, lengan, kaki atau rambut wajah. Hal ini sering terjadi secara tiba-tiba, namu biasanya rambut akan tumbuh kembali setelah enam bulan sampai satu tahun.
Akan tetapi, ketika rambut tumbuh kembali dalam satu area yang sama, rambut mungkin akan rontok kembali dan terlihat seolah-olah tidak tumbuh. Pada beberapa orang, rambut dapat menjadi lebih tipis tanpa bercak kebotakan. Alopecia areata umumnya dianggap sebagai kondisi autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh malah menyerang folikel rambut sendiri. Dalam alopecia totalis bentuk yang luas dari alopecia areata, seluruh kulit ditubuh bisa menjadi botak.

Tinea Capitis
(kurap kulit kepala) adalah infeksi jamur pada kulit kepala yang biasanya menyerang anak-anak usia sekolah dan hilang saat pubertas. Sangat jarang pada orang dewasa yang sehat. Ini hanya melibatkan sebagian atau seluruh kulit kepala. Rambut terputus di daerah yang terinfeksi menyebabkan kulit kepala botak dengan titik-titik hitam kecil.

Kulit telah meradang (merah bengkak), bulat, bersisik daerah dengan luka nanah disebut kerions.
Anak mungkin memiliki demam ringan atau pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Hal ini menular dan dapat menyebar dari berbagi sisir dan topi. Setelah infeksi sembuh, rambut tumbuh kembali.

Traksi Alopecia
Rambut rontok juga dapat terjadi karena tekanan pada rambut karena gaya rambut tertentu menyebabkan daerah lokal kecil rambut rontok. Jenis rambut rontok disebut traksi alopecia.

Trikotilomania
Beberapa orang memiliki kebiasaan sukarela memutar atau menarik rambut mereka sendiri dari kulit kepala dan bulu mata. Hal ini disebut sebagai trikotilomania atau gangguan kepribadian untuk menarik rambut. Ini adalah gangguan psikologis yang terlihat paling sering pada anak-anak.


Sekali Anda telah mengidentifikasi jenis rambut rontok Anda menderita, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk mengobati diri dari seorang ahli.

Posting Komentar